INFO
Sistem Sanitary Landfill pada TPA, Lebih Efektip dan Efisien

Sistem Sanitary Landfill pada TPA, Lebih Efektip dan Efisien

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, Imbang Triatmaji mengatakan penerapan sistem sanitary landfill pada Tempat Pengolahan Akhir (TPA) di Palangka Raya akan lebih tepat efektif dan efisien.

Karena itu kata dia, Disperkim bakal menerapkan sistem sanitary landfill tersebut untuk TPA yang ada di Palangka Raya.

Dijelaskan, sistem atau metode Sanitary Landfill merupakan sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

“Dengan begitu pada TPA  natinya tidak lagi menggunakan sistem oversampling tapi sanitary landfill,” sebut Imbang, saat dikonfirmasi, Minggu (8/9/2019).

Dijelaskan, dengan melakukan penutupan cover soil di sel sel sampah yang sudah non aktif akan berimbas positif terhadap kondisi lingkungan. Penutupan tersebut nantinya akan mampu mengurangi bau, serta lalat yang banyak di lokasi TPA. Hal itu juga akan mempercepat proses pembusukan.

“Dengan ditutup dan mempercepat pembusukan nantinya dapat cepat dimanfaatkan lagi sebagai ruang terbuka hijau,” jelasnya.

Selebihnya Imbang menjelaskan, sejumlah elemen yang diperlukan pihaknya dalam menerapkan metode sanitary landfill yakni sistem lining, sistem lindi, sistem cover, sistem ventilasi dan monitor, guna mencegah hasil limbah sampah mencemari tanah dan air tanah di sekitar TPA yang akan berbahaya tak hanya bagi lingkungan, namun juga bagi manusia.

Penerapan metode ini imbuh dia, akan menjadi langkah pihaknya dalam berupaya meraih kembali piala Adipura.

“Metode ini  lebih efisien dan ramah lingkungan, serta telah banyak diterapkan di kota-kota lainnya di Indonesia,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*