INFO
Sistem Zonasi PPDB Harus Diimbangi dengan Pemerataan Guru

Sistem Zonasi PPDB Harus Diimbangi dengan Pemerataan Guru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020 menuai polemik diberbagai kalangan masyarakat.

Di sisi lain sistem zonasi dinilai bagus, karena memberikan pemerataan pendidikan. Dengan zonasi, maka tidak ada lagi sekolah yang berstatus favorit, tapi semua sama.

Sistem zonasi ini juga didukung oleh kalangan anggota dewan. Salah satunya Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah yang membidangi pendidikan.

Dia menyarankan agar sistem zonasi dalam PPDB tidak menimbulkan polemik terus, maka solusinya dinas pendidikan harus bisa menempatkan para guru secara merata.

Jadi sebaran guru tidak menumpuk disalah satu sekolah saja. “Kemudian biaya operasional sekolah di daerah pinggiran harus diperbesar,” kata Rusdiansyah, Rabu (26/6/2019).

Dia menyebut selama ini biaya operasional lebih banyak diberikan kepada sekolah yang ada di kota yang fasilitasnya sudah banyak, sehingga sekolah pinggiran menjadi kurang diminati, khususnya oleh para guru yang akan mengabdi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*