INFO

Siswa Se-Kota Palangka Raya Ikuti Seleksi Calon Paskibraka

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 233 siswa siswi SMA sederajat se- Kota Palangka Raya mengikuti seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), Jumat (31/3/2017).
Ke-233 siswa itu terdiri dari 124 orang putra dan 109 orang putri. Dari 233 peserta akan dicari 76 peserta Paskibraka dengan rincian untuk Tingkat Kota 72 peserta, 2 peserta untuk Provinsi, dan 2 peserta untuk tingkat Nasional.

Acara seleksi calon Paskibraka ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga Kota Palangka Raya, Gunawan Abel, bertempat di halaman Kantor Walikota Jalan Tjilik Riwut Km 5,5. Palangka Raya.
Selama dua hari para peserta ini akan menjalani tes kesamaptaan, termasuk syarat tinggi badan 170 cm untuk laki-laki dan 165 cm untuk perempuan. Hasil seleksi ini akan diumumkan pada Minggu (2/4/2017).
Dalam sambutannya Gunawan Abel mengatakan pelaksanaan pembukaan seleksi calon Paskibraka ini merupakan bagian dari pendidikan awal bela negara dan dalam rangka mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda sebagai upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan bidang kepemudaan.

Sedangkan tujuannya untuk menumbuh kembangkan sikap disiplin, mempertebal rasa dan semangat kebangsaan dan patriotisme, serta cinta tanah air. Selain itu menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.
Gunawan menjelaskan calon Paskibraka akan dilatih kemampuan fisik melalui latihan baris berbaris dan pengibaran bendera, sehingga mereka mampu melaksanakan tugas sebagai Paskibraka pada HUT RI pada 17 Agustus 2017.
Selain itu mereka juga akan dibekali materi pengembangan diri yang merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian anggota Paskibraka, sehingga bisa menjadi tauladan bagi rekannya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*