INFO
SMAN 5 Palangka Raya Juara 2 Festival Musikalisasi Puisi

SMAN 5 Palangka Raya Juara 2 Festival Musikalisasi Puisi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – SMAN 5 Palangka Raya meraih juara II dalam Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK seluruh provinsi yang diselenggarakan Balai Bahasa Kalimantan Tengah.

Meski hanya juara 2, namun tim musikalisasi sekolah ini yang beranggotakan enam siswa dibawah bimbingan guru pendamping Gerhard Gere, Ika Saktila, dan Yuseftu Leluno ini tetap bersyukur.

Tim yang beranggotakan Pry Andriawan, Indah Restuati, dan empat rekannya berhasil melewati babak penyisihan dan masuk final dalam festival.

Lomba ini mengangkat tema ‘Melalui Festival Musikalisasi Puisi Kita Tingkatkan Dinamika Pemuda dalam Memantapkan Eksistensi Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Milenial’.

Dibawah dukungan puluhan rekan satu sekolahnya, mereka tampil memukau membawakan puisi wajib ‘Kupanggil Namamu’ karya W.S. Rendra dan puisi pilihan ‘Lagu dalam Hujan’ karya Abdul Hadi W.M. Aplaus.

Suguhan musikalisasi puisi modern yang dibungkus khas etnik yang memikat. Kostum dan alat musik tradisional serta modern dengan nuansa kearifan lokal lainnya berpadu dalam kreativitas tampak memikat perhatian dewan juri dan para hadirin.

Sementara itu juara I diraih oleh SMA Golden Christian School Palangka Raya dan juara III SMAN 2 Palangka Raya. Juara harapan I adalah SMAN 1 Katingan Hilir, juara harapan II SMAN 4 Palangka Raya, dan juara harapan III SMAN 3 Palangka Raya.

“Meski hanya juara 2 kita tetap bersyukur. Kita sudah berlatih dan bekerja keras untuk meraih yang terbaik. Mudah-mudahan hasil ini membangkitkan semangat berprestasi lebih baik lagi pada waktu mendatang,” tutur Ika Saktila, Senin (5/8/2019).

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin mengapresiasi prestasi para siswanya. Baginya, prestasi ini merupakan anugerah yang harus disyukuri dan harus terus ditingkatkan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*