INFO

SMAN 5 Palangka Raya Siapkan Pembelajaran Daring

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMAN 5 Palangka Raya tuntas sudah. Kegiatan yang telah berlangsung selama tiga hari berturut-turut, Senin-Rabu, 13-15 Juli 2020 ini diikuti 300-an siswa baru secara daring.

Selama tiga hari kegiatan siswa tetap berada di rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan berkaitan dengan masih dalam kondisi darurat Covid-19.

Mereka menggunakan gawai android atau laptop dengan aplikasi Zoom meeting dan streaming YouTube. Meski tidak bertatap muka langsung dengan para guru atau narasumber, namun mereka tetap berusaha mengikuti kegiatan dengan serius.

Ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dikirim melalui chat yang ditampilkan. Awalnya memang perlu penjelasan dan geladi bersih untuk memperlancar kegiatan.

Dengan semangat dan kerja sama yang baik antara siswa baru, OSIS, panitia, guru, dan kepala sekolah, sehingga semua berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Selama kegiatan yang terjadwal itu siswa baru menunjukkan antusiasme dipandu narasumber yang tampil bergantian. Beberapa materi MPLS, seperti visi dan misi sekolah, mencegah persebaran Covid-19, kurikulum K-13, sosialisasi sadar hukum dan tertib lalu lintas menjadi perhatian para siswa baru.

Begitu pula dengan materi seperti mencegah separatisme dan radikalisme, pengenalan guru, lingkungan sekolah, ekskul, dan belajar efektif mendapat respons hangat dari para peserta didik baru yang terus mengikuti kegiatan hingga usai.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Muhamad Ramli mengucapkan terima kasih atas keseriusan para peserta didik baru mengikuti MPLS. Atas nama sekolah dia juga berterima kasih atas partisipasi orangtua yang telah mendorong keaktifan siswanya dan kepercayaan terhadap sekolah yang dipimpinnya.

Ramli berpesan agar peserta didik baru tetap semangat belajar di rumah meski di tengah pandemi Covid-19. “Pelajari dan kuasai teknologi untuk memperoleh banyak pengetahuan dan kompetensi. Apalagi setelah ini kita juga harus mempersiapkan pembelajaran daring,” pesannya.

“Biasakan disiplin untuk membentuk pribadi yang berkarakter. Tetap belajar penuh motivasi di tengah pandemi Covid-19. Jangan lengah, tetap manfaatkan waktu untuk menjadi lebih baik lagi. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar kita selalu bisa terus menjadi lebih baik,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*