INFO
Soal Batasan Umur Catin, KUA Palangka Selektif

Soal Batasan Umur Catin, KUA Palangka Selektif

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya H Lukmanul Hakim menegaskan seluruh jajaran KUA kelurahan setempat sejauh ini bekerja berpedoman dengan patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Pedoman yang ada menjadi acuan kami untuk patuh dan selektif dalam memberikan pelayanan pelaksanaan pernikahan calon pengantin (catin),”tegasnya, Minggu (9/8/2020).

Lukmanul mencontohkan, bila ada catin yang mendaftar namun terhitung masih berusia muda atau belum cukup umur, maka pihaknya dengan tegas menyarankan agar pihak keluarga dapat mengikuti sidang terlebih dahulu sampai mendapatkan ijin dari pihak pengadilan.

“Catin di bawah umur harus menjalani sidang terlebih dahulu. Segala macam alasan maupun dasar akan ditanyakan saat sidang. Keputusan akan keluar dari pengadilan setidaknya kurang lebih 14 hari. Apakah mendapat ijin atau tidak,”terangnya.

Pihak KUA Kelurahan Palangka jelas dia, tidak ingin menjalankan amanah dengan menyalahgunakan aturan. Terlebih Menikahkan catin di bawah umur tanpa mendapat ijin akan menjadi polemik.

Dalam kesempatan itu Lukmanul mengatakan, saat ini KUA sudah semakin modern dalam memberikan pelayanan pelaksanaan pernikahan. Dimana, catin selain mendapat buku nikah juga mendapatkan kartu suami-istri dilengkapi dengan barcode.

Adapun fungsinya sebagai pengganti buku nikah saat bepergian. Kartu tersebut jika di-scan dengan aplikasi kode batang akan menampilkan data-data yang sama persis isinya dengan buku nikah.

“Buku nikah saat ini dilengkapi dengan barcode, berfungsi untuk mempermudah pencarian nomor register/akte nikah apabila terjadi sesuatu hal. Ini juga untuk mencegah adanya oknum tidak bertanggung jawab yang ingin mencoba memalsukan buku nikah,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*