INFO
Solusi Efektif Cegah Karhutla

Solusi Efektif Cegah Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Anwar Sanusi Umar Gayo, memberikan solusi yang dianggap efektif, untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Palangka Raya.

Solusi dini pencegahan karhutla tersebut, bukan tanpa alasan, pasalnya dalam setiap tahunnya pasti terjadi kemarau yang memakan waktu lebih dari tiga bulan. “Solusinya, yakni lakukan hujan buatan sebelum memasuki bulan yang diprediksi kemarau. Jadi lahan yang dianggap rawan terbakar  harus dalam kondisi basah,”cetusnya, Kamis (19/4/2018)

Pun demikian kata dia, melakukan hujan buatan bukan serta-merta dilakukan terus menerus, hanya saja sebagai upaya menyiasati agar lahan yang ada masih tetap basah. Sebut saja kemarau akan terjadi sepanjang tiga bulan lebih, namun dengan kondisi lahan yang basah  setidaknya  akan memperpendek ancaman karhutla yang bisa saja muncul akibat panasnya suhu udara.

“Paling tidak lahan yang basah melalui hujan buatan bisa bertahan lebih lama dimusim kemarau, hingga sampai tibanya peralihan musim yakni kemusim penghujan,”terangnya.

Menurut Anwar, bila berdasarkan prediksi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) maka pemerintah dapat bergerak sebagai langkah awal melakukan pencegahan terjadinya karhutla.

“Sesuai prinsip, “padamkan api sebelum adanya api” Ingat wilayah kita bergambut kalau terbakar maka akan sulit dipadamkan. Seperti karhutla 2015 yang lalu, itu karena tidak ada antisipasi dini,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

 
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*