TERKINI

Sosialisasi Administrasi Kependudukan bagi Siswa SMAN 5 Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya melakukan sosialisasi administrasi kependudukan (Adminduk) kepada siswa SMAN 5 Palangka Raya, Kamis (31/8/2017).

Sosilisasi ini langsung dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dukcapil Kota Palangka Raya, Lukmanul Hakim. Maksud dilaksanakan sosialisasi ini karena administrasi kependudukan sangat penting dipahami setiap penduduk.

Dipilihnya anak didik, karena sebagian dari mereka sudah menginjak usia 17 tahun ke atas. Jadi pemahaman akan pentingnya memiliki Adminduk harus ditanamkan mulai dari sekarang. Sasaran sosialisasi adalah siswa kelas XII.

“Setiap warga Indonesia yang telah berusia 17 tahun wajib memiliki KTP. Siswa kelas XII tentu mendekati atau sudah memasuki usia 17 tahun. Bahkan ada adminduk yang sudah dimiliki saat masih bayi yaitu akta kelahiran,” jelasnya.

Menurutnya selain akta kelahiran dan KTP, masih banyak Adminduk yang perlu diketahui para siswa. Di antaranya akta pernikahan, akta perceraian, dan akta kematian. Semua dokumen kependudukan ini wajib diurus.

Untuk itu pihaknya menyarankan kepada anak didik, khususnya kepada semua warga Kota Cantik yang belum memiliki Adminduk untuk segera mengurus ke kantor Dukcapil yang beralamat di Jalan Tjilik Riwut Km3 Palangka Raya.

“Adminduk ini banyak sekali manfaatnya, misalnya untuk melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, dan lainnya. Kami akan memberikan pelayanan sesuai prosedur yang berlaku,” pesannya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*