INFO
Sosialisasi  Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Bukit Batu

Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Bukit Batu

MEDIA CENTER , Palangka Raya – Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup mengadakan sosialisasi mengenai kebakaran hutan dan lahan Tahun 2019 , di Aula Kecamatan Bukit Batu Tangkiling , Senin , (4/3/ 2019)

‪Acara yang diikuti oleh Aparat Kecamatan Bukit Batu , Aparat Kelurahan, Lembaga Ketahanan Kelurahan (LKK), Tokoh Masyarakat RT/ RW , Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) Serta Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) di Wilayah Kecamatan Bukit Batu . Sosialisasi tersebut membahas soal peraturan-peraturan terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan, solusi antisipasi kebakaran hutan dan lahan serta sanksi bagi yang melanggar aturan tersebut dengan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, BMKG, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian LHK RI serta Kodim 1016 / Palangka Raya.

‪Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan ,  Yusran mengatakan tujuan dari sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan potensi dampak kebakaran hutan dan lahan, Memberikan pemahaman serta kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat , nyaman dan bersih serta berdampak pada pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.

‪”Antisipasi kebakaran hutan dan lahan dilakukan secara bersama sama dengan berbagai komponen dengan cara membentuk satgas-satgas seperti satgas penanggulangan udara dan satgas penanggulangan darat yang bekerja sama dengan satgas pemadam kebakaran, satpol PP, manggala agni dan seluruh SKPD terkait dan didukung oleh personel TNI, Polri dan masyarakat,” ujarnya.

‪”Pada musim kemarau diharapkan dan di himbau , tidak membuka lahan dengan cara membakar terutama lahan – lahan yg ketebalan gambut cukup tinggi

Jika hal ini bisa disosialisasikan dengan baik, insyaallah bencana dan kerusakan lingkungan yang kerap timbul akibat karhutla ini dapat kita kendalikan,” pungkasnya. (MC Isen Mulang/ wulansa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*