INFO

Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Wujudkan Pembangunan Yang Merata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu membuka langsung sosialisasi Pangarusutamaan Gender (PUG) Pemerintah Kota Palangka Raya yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat.

Hera Nugrahayu menyampaikan pengarusutamaan gender (PUG) merupakan strategi untuk mengintegrasi prespektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses prencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi seluruh kegiatan program pembangunan.

“PUG ini ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan yaitu pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh masyarakat baik laki – laki maupun perempuan,” tutur Hera Nugrahayu saat membuka sosialisasi PUG di Ruang Rapat Kantor Walikota Palangka Raya, Selasa (24/11/2020).

Menurut Hera, kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan serta mendapat manfaat dari kebijkan program pembangunan.

“Dalam lingkup pemerintah kota Palangka Raya sendiri, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama baik laki- laki maupun pria untuk berkarir di tempat kerja masing-masing,” ujar Hera.

Dirinya mengharapkan melalui sosialisasi PUG akan menghasilkan pemahaman bahwa kesenjangan gender dapat dihapus ataupun dikurangi.

“Sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman bersama bahwa kesetaraan sudah harus benar-benar diimplementasikan dengan baik khususnya di lingkup pemerintahan, namun tetap berpedoman pada undang- undang yang berlaku,” terangnya.

Sosialisasi PUG yang berlangsung satu hari diikuti oleh perwakilan stakeholder lingkup pemerintahan Kota Palangka Raya.

Sementara itu Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Sahdin Hasan menyampaikan dalam laporannya sosialisasi PUG dapat mewujudkan optimalisasi kesetaraan gender di lingkup pemerintahan Kota Palangka Raya.

“Melalui sosialisasi PUG ini semua program pembangunan dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu bersama mewujudkan kesetaraan gender pada lembaga pemerintahan,” tutup Sahdin Hasan. (MC. Isen Mulang/Rani/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*