TERKINI
Sterilisasi Pasar Mengacu Aturan Pemerintah Pusat

Sterilisasi Pasar Mengacu Aturan Pemerintah Pusat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penutupan atau sterilisasi yang diberlakukan pada Pasar Besar Palangka Raya untuk sementara waktu, merupakan keputusan yang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Intinya kebijakan sterilisasi pasar sejalan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani. Senin (15/6/2020).

Bila berkaca dengan berbagai penutupan pasar tradisional di Indonesia. Terutama ketika kawasan pasar sudah menjadi klaster penyebaran Covid-19, maka akan ada kebijakan pemerintah daerah untuk melakukan penutupan pasar sebagai upaya sterilisasi secara total, dengan berpedoman ketentuan pemerintah pusat.

“Seperti pemberlakuan penutupan sementara dan sterilisasi Pasar Besar Palangka Raya, di mana semua itu mengacu instruksi pemerintah pusat tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Pasar Besar Palangka Raya itu sendiri sambung Emi, trend angka penyebaran Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir terus meningkat, sehingga perlu dilakukan sterilisasi pasar.

Sebagaimana harapan wali kota imbuh dia, maka seiring proses sterilisasi itu disisipkan pula penguatan edukasi kepada masyarakat (pedagang red) tentang bahayanya wabah Covid-19. Termasuk bagaimana teknis dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas pasar.

“Kami mengharapkan ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah sebab persoalan pandemi Covid-19 tidak bisa disepelekan. Kondisi ini akan cepat selesai. Manakala masyarakat bisa menjalankan anjuran dan bekerjasama dengan pemerintah,” pungkas Emi. (MC. Isen Mulang.1/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*