INFO
Story Telling Menjadi Magnet Tersendiri Bagi Pengunjung Perpusatakaan.

Story Telling Menjadi Magnet Tersendiri Bagi Pengunjung Perpusatakaan.

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini perpustakaan juga mengalami perkembangan fungsi. Hal ini terbukti dengan beragamnya jenis layanan yang disediakan oleh perpustakaan yang semakin beragam, salah satunya adalah layanan story telling (penuturan cerita). Saat ini Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah telah menerapkan layanan bercerita bagi anak – anak Taman Kanak – Kanak  yang berkunjung ke Perpustakaan. 
 
Kamis (4/4/2019), Puluhan Murid TK AL Ghazali Kota Palangka Raya mengunjungi Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Ais Nasution untuk mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh Sofi, seorang Pustakawan yang bertugas di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.
 
Program story telling rutin dilaksanakan setiap bulan diikuti oleh anak – anak TK Seluruh Kota Palangka Raya secara bergantian. Kegiatan ini merupakan langkah mudah yang dilakukan untuk merangsang agar anak senang membaca semenjak dini.
 
Sofi, seorang Pustakawan yang bertugas membacakan cerita mengatakan “Saya pikir dengan metode story telling minat baca anak mudah ditularkan, karena dari hasil mendengar anak akan mencari tau lalu otomatis mencari bahan bacaan salah satunya lewat buku,”tuturnya.
 
“Anak – anak itu kalau dibacakan dongeng pasti senang. Mereka pasti antusias untuk mendengarkan cerita yang saya bawakan, bahkan bisa sampai bengong dan tidak bereaksi apa – apa.” Tambahnya.
 
“Yang penting bagaimana menumbuhkan minat baca anak semenjak dini. Banyak dari mereka sekarang lebih tertarik dengan gadget karena kurangnya cara yang menarik untuk membuat mereka suka membaca. Untuk itu saya mengajak kepada para ibu – ibu khususnya agar memiliki tekhnik tersendiri sehingga anak – anak nantinya akan ketagihan membaca” pungkasnya.
 
Story telling kegiatan yang perlu di galakkan untuk mengenalkan perpustakaan dan membaca kepada anak sejak usia dini. Peran story telling terhadap anak sangat signifikan. Hal ini dikarenakan pada masa kanak-kanak adalah usia keemasan yang menjadi fase penting dalam pembentukan karakter anak. Dengan pembentukan pola dan karakter sejak usia ini, maka dapat membantu membentuk akhlak  yang baik guna membangun karakter bangsa. Bagi warga Kota Palangka Raya yang ingin menjadi peserta story telling, caranya sangat mudah yaitu dengan  mengajukan surat permohonan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. (MC Isen Mulan/Dina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*