INFO
Strategi Meningkatkan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan

Strategi Meningkatkan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor mineral bukan logam dan batuan di Kota Palangka Raya terus merosot selama lima tahun terakhir.

Di 2014 realisasi pajak mineral bukan logam dan batuan paling tinggi yakni mencapai Rp2,4 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp1,2 miliar.

Namun di 2015 realisasinya turun menjadi Rp1,9 miliar dan di 2016 naik menjadi Rp2 miliar, namun di 2017 mengalami penurunan signifikan menjadi Rp1 miliar dan 2018 masih Rp1,2 miliar.

Tim Ahli Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya dari Universitas Brawijaya memproyeksikan pajak mineral bukan logam dan batuan masih bisa ditingkatkan lagi.

“Strateginya updating database dan pengingkatan pengawasan,” kata Tim Ahli Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya dari Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, Titov saat paparan potensi pajak daerah di Ruang Peteng Karuhei I, Senin (24/6/2019).

Tim ahli menyarankan kepada pemerintah daerah untuk melakukan penguatan database pajak, sehingga saat penetapan target pajak harus disesuaikan dengan data lapangan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*