INFO
Sudah Ditutup Sementara, Tapi Masih Ada Warga Datang ke Kantor Dukcapil

Sudah Ditutup Sementara, Tapi Masih Ada Warga Datang ke Kantor Dukcapil

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak 22 Maret 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya meniadakan pelayanan tatap muka dan perekaman KTP-el dalam rangka pencegahan penularan corona virus disease (Covid-19).

Namun kebijakan ini masih belum diketahui oleh seluruh masyarakat Kota Palangka Raya. Buktinya, hingga Jumat (27/3/2020) masih ada saja warga yang datang ke Kantor Dukcapil Kota Palangka Raya di Jalan Soekarno.

Tentu saja dengan datangnya warga ini membuat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya, Afendie dan jajarannya kelimpungan.

Karena pihak dinas tidak bisa serta merta menolak warga yang ingin berurusan. Di sisi lain pihak Dukcapil juga minta petugas Satpol PP untuk melakukan pengamanan agar warga yang datang tertib dan bisa menjaga jarak agar bisa terhindar dari virus.

“Mau tidak mau kami tetap melayani, tapi kami batasi dan tetap menerima apa yang mau mereka urus sesuai dengan aplikasi secara online dan kami minta cantumkan nomor telepon. Bagitu sudah selesai, setelah diproses dan selesai, yang bersangkutan ditelpon agar bisa mengambil,” kata Afendie.

Afendie menegaskan jika Senin depan masih ada warga yang datang lagi, maka pihak dinas tidak bisa mentolerir. Layanan akan ditutup sementara. Layanan akan difokuskan melalui sistem online.

Diketahui, Dinas Dukcapil Kota Palangka Raya telah menyebarkan berbagai informasi mengenai nomor layanan online yang bisa diakses oleh masyarakat yang ingin berurusan.

Untuk layanan perubahan atau cetak ulang KTP, KK, dan SKPWNI ke nomor 0853 4803 9199 dan 0813 4971 2335. update data (BPJS, bank, dll) dan duplikat record/data ke nomor 08115206278 dan 08534656 5656.

Layanan akta kelahiran ke nomor 0812 5441 5990 dan akta kematian ke nomor 0853 8865 0765. layanan ini sementara hanya untuk masyarakat yang sangat membutuhkan saja (sedang sakit/bpjs).

Syarat untuk mengurus layanan ini yakni dengan melampirkan syarat yang diperlukan dengan cara difoto, lalu dikirim ke WhatsApp. (MC. Isen Mulang/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*