INFO
Sukseskan Budaya Membaca

Sukseskan Budaya Membaca

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak dini anak-anak sudah diajarkan untuk membaca dan membaca bukan hanya sebuah tolak ukur perkembangan bagi seorang anak, tetapi membaca memiliki dampak yang sangat penting dalam perkembangan seorang anak ketika menjadi dewasa, perkembangan otak maupun motorik didapat dari aktivitas membaca.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kembali membangkitkan program budaya gemar membaca tidak hanya untuk anak-anak, namun juga untuk orang dewasa.

Inspektur Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Darmani mengatakan  bahwa program pemerintah untuk menggalakkan kembali gemar membaca buku ini lebih kepada program ke anak anak usia dini, ungkapnya saat ditemui kru media center di sela sela kegiatan  Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2019, di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya, Senin (11/3/2019).

Menurut Darmani, program pemerintah dimulai dari pinggiran desa sampai ke kota, memang disediakan jurnal dan ebook yang dapat diakses sepanjang ada akses internet nya akan tetapi Pemerintah ingin menghidupkan kembali perpustakaan daerah, perpustakaan disekolah sekolah.

Ditambahkannya, program ini merupakan program nasional terakhir pengembangan perpustakaan yang berbasis inklusi sosial, yaitu perpustakaan-perpustakaan yang dekat dengan masyarakat dan perpustakaan desa, yang koleksi bukunya yang tercetak seperti majalah, buku yang dapat diakses dengan internet.

“Diharapkan melalui program safari gemar membaca yang di mulai pertama kali dari Kota Palangka Raya ini, dan dilanjutkan ke Kabupaten lain, agar dapat mengaktifkan kembali perpustakaan yang ada serta melahirkan anak-anak yang suka membaca buku, dimulai dari anak-anak PAUD, TK dan SD,” tutupnya. (MC Isen Mulang/in)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*