INFO
Tahun 2019 DKPP Siapkan 6.000 Dosis Vaksin Rabies

Tahun 2019 DKPP Siapkan 6.000 Dosis Vaksin Rabies

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP)  Kota Palangka Raya Harry Maihadi melalui Kabid Keswan dan Kesmavet Sumardi mengatakan, ditahun 2019 ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 6.000 dosis vaksin rabies guna mencegah berkembangnya hewan pembawa rabies, seperti anjing, kucing, kera yang nota bene merupakan hewan peliharaan. 

“Ya ada disediakan 6.000 dosis vaksin rabies, sedikit menurun banyaknya dari tahun sebelumnya, menyesuaikan anggaran yang ada,” ucapnya, Selasa (15/1/2019).

Kata Sumardi jumlah vaksin sebanyak itu tentu tidak mencukupi atau tidak sebanding dengan jumlah populasi hewan, terutama  anjing yang kian meningkat setiap tahunnya.

“Bila kurang, bisa saja diusulkan untuk ditambah. Namun kita gunakan dulu yang tersedia, “terangnya. 

Bila mengacu data dari tahun 2017 sampai tahun 2018, maka jumlah populasi anjing naik diangka 10 persen hingga 7.000 ekor. Populasi ini bisa saja terus mengalami kenaikan jumlahnya.

“Faktor infrastruktur jalan menuju Palangka Raya yang sudah bagus, mempengaruhi peningkatan anjing. Sebab kebanyakan anjing dibawa dari daerah luar” sebut Sumardi.

Seiring dengan itu kata dia,  DKPP Palangka Raya akan terus melakukan penanganan rabies dan pemberian vaksinasi terhadap berbagai hewan peliharaan. 

“Untuk hewan peliharaan, maka kami akan terus melakukannya, terutama melalui sistem jemput bola. Ini untuk mengejar target Palangka Raya bebas rabies ditahun 2025 mendatang,” pungkas Sumardi. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*