INFO

Tahun 2019 Pertumbuhan Ekonomi Kalteng 5,31 % Lebih Tinggi Dari Nasional 5,02%

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keputusan Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan Otto Fitriandy sebagai Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Aula Ekal Hapakat Kantor Gubernur Kalteng Jalan RTA Milono no.1 Palangka Raya, Senin (20/1/2020).

Dalam sambutannya Tirta Segara anggota Dewan Komisoner OJK RI menyampaikan, “Kita patut bersyukur, di tengah penurunan pertumbuhan ekonomi global di tahun 2019, pertumbuhan ekonomi nasional masih tercatat 5,02% di kuartal III 2019, dan diharapkan masih diatas 5% pada akhir tahun”. Sementara itu, perekonomian Kalimantan Tengah triwulan III 2019 juga mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,31% (year on year), lebih tinggi dari nasional walaupun melambat dibandingkan pertumbuhan triwulan II 2019 7,67% (yoy)

Dikatakan juga oleh Tirta Segara Provinsi Kalimantan Tengah, kredit perbankan mampu tumbuh di atas angka nasional, yaitu 15,8% sampai dengan Nov 2019. Pertumbuhan kredit ini diikuti dengan angka NPL yang rendah, yaitu 1,1%. Dan industri pasar modal juga mencatatkan pertumbuhan aktivitas penghimpunan dana melalui penawaran umum di pasar modal mencapai Rp166,85 triliun, dengan 60 emiten baru, pertumbuhan emiten tertinggi di ASEAN dan nomor 7 di dunia. Perlu kami sampaikan bahwa terdapat lebih dari 6 ribu Investor pasar modal yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan yang baik ini, Kami juga ingin mengapresiasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Provinsi Kalimantan Tengah yang salah satu programnya adalah Business Matching di Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat. Kami berharap forum TPAKD ini terus diintensifkan sehingga memberikan bukti nyata yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, ungkap Tirta Segara.

Diakhir sambutannya menyampaikan, “Terima kasih kepada Bapak H. Sugianto Shabran atas segala dukungannya, khususnya peminjaman salah satu kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai kantor OJK. Kita berharap, pertengahan tahun 2020, OJK Kalimantan Tengah akan dapat menempati kantor yang baru. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih. Semoga segala bentuk dukungan tersebut dapat diteruskan kepada Kantor OJK di bawah kepemimpinan Bapak Otto Fitriandy”. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*