INFO
Tangani Volume Sampah Sejak Dini

Tangani Volume Sampah Sejak Dini

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Volume sampah di Kota Palangka Raya diprediksi meningkat selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah tahun ini.

Hal tersebut bukanlah tanpa sebab mengingat selama Ramadan hingga hari lebaran, kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok, seperti makanan dan minuman yang berbahan plastik, kertas dan sebagainya akan sangat tinggi.

“Tidak bisa dihindari bila pola konsumsi akan kebutuhan pangan sangat tinggi, sehingga berdampak pada volume sampah yang tinggi pula,” kata Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung, Sabtu (15/5/2021).

Seiring kondisi tersebut lanjut Nenie, maka harus ada upaya antisipasi dini terhadap tingginya volume sampah. Terutama yang dilakukan oleh dinas terkait dalam melakukan penanganan pada titik-titik atau pusat keramaian masyarakat.

“Sebut saja seperti pasar atau tempat pembuangan sampah yang ada dilingkungan masyarakat, tentu harus terus dipantau dan langsung dilakukan penanganan agar sampah tidak menumpuk atau meluber,”jelasnya.

Pada sisi lain srikandi PDI Perjuangan di Kota Palangka Raya ini menjelaskan, bila penumpukan sampah dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan beban pekerjaan bagi instansi terkait itu sendiri.

Karenanya, perlu pemantauan sekaligus penanganan sampah dilakukan sejak dini dan secara kontinyu, sehingga pekerjaan dalam hal kebersihan tidak berlarut-larut.

“Ibarat kata, jangan sampai menunggu menjadi parah dikemudian hari. Karenya kami berharap instansi terkait tidak lengah dalam hal ini,” harapnya. (MC. Isen Mulang.1/prokom/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*