INFO
Tanggap Bencana Berbasis Kearifan Lokal Perlu Diwujudkan

Tanggap Bencana Berbasis Kearifan Lokal Perlu Diwujudkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kearifan lokal pada dasarnya lahir dari gagasan, nilai dan pandangan yang dijunjung masyarakat (lokal) yang bersifat baik dengan dasar kemandirian dan keswadayaan. Kearifan lokal diyakini mampu menjamin daya hidup yang berkelanjutan. Sehingga, menjadi pedoman dan pengontrol masyarakat dalam berperilaku.

Ungkapan tersebut disampaikan Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah, saat membacakan sambutan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin pada seminar nasional Ikatan Arsitektur dan Kearifan Lokal Yang Tanggap Bencana, Sabtu (17/11/2018), di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya.

Lanjut Ikhwansyah mengatakan, penerapan kearifan lokal pada pembangunan di Indonesia dapat dilakukan pada arsitektur dan lingkungan binaannya yang dapat ditinjau secara multi dimensional.

Multi dimensional yang dimaksud diantaranya, isu arsitektur, perumahan dan permukiman, sosial budaya, teknologi bangunan,  pariwisata serta lingkungan. 

“Penerapan kearifan lokal yang multi dimensional tentunya bisa berimplikasi untuk pembangunan dan kepemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya lagi.

Diharapkan tambah Ikhwansyah, dengan penyelenggaraan seminar ini bisa menjawab hal-hal tersebut. Terutama melalui sharing dari berbagai elemen masyarakat dengan para akademisi serta praktisi arsitektur. Termasuk instansi pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat dan elemen lainnya untuk bergandengan tangan.

“Mewujudkan perancangan arsitektur yang berempati terhadap lingkungan, aspek ekonomi dan sosial serta keamanan, utamanya kearifan lokal yang tanggap bencana, memang diperlukan untuk saat ini,” tuturnya.

Ditambahkan Ikhwansyah, hendaknya seminar ini diharapkan lebih berwawasan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan nilai‐nilai serta inovasi yang lebih berbudaya dengan tetap mengutamakan kearifan lokal. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*