INFO
Tanggap Darurat Karhutla, Pol PP Intensifkan Patroli

Tanggap Darurat Karhutla, Pol PP Intensifkan Patroli

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Status kebencanaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Palangka Raya yang awalnya siaga darurat kini telah dinaikan menjadi tanggap darurat.

Seiring dengan itu personil  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Kota Palangka Raya terus mengintensifkan patroli pengawasan, penindakan dan penceganan  selama status tanggap darurat tersebut diberlakukan.

“Peningkatan patroli dan pencegahan ini dilakukan untuk menekan terjadinya Karhutla, sekaligus mengingatkan masyarakat  akan dampak karhutla dan  kabut asap melalui penguatan sosialisasi,” ungkap Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Benhur Pangaribuan, Kamis (19/0/2019).

Diintensifkannya kegiatan patroli ini lanjut Benhur, tidak lain sebagai upaya terpadu atas ditetapkannya staus kebencanaan karhutla dan kabut asap yang kini sudah pada peningkatan status   tanggap darurat karhutla.

“Satuan yang ada di Pol PP seperti Trantib  dan Linmas kita kerahkan  dengan penambahan personil di lapangan. Ini sejalan dengan upaya perlindungan masyarakat seiring penerapan status tanggap darurat karhutla,”ujar Benhur.

Upaya peningkatan patroli itu sendiri lanjut Benhur, juga akan menekankan kepada  upaya memonitoring kondisi yang terjadi. Baik karhutla maupun dampak kabut asap yang terjadi.

Peningatan patroli berupa pengawasan, penindakan dan penceganan, dilakukan mulai pagi, siang, sore hingga malam hari. “Jika sebelumnya dalam setiap patroli kita kerahkan sampai dengan 10 personil kini sudah menjadi 15 personil. Dan dilakukan per ship,” bebernya.

Sejauh ini imbuh Benhur, pihak Pol PP selama ikut menjalankan tugas dalam hal penanganan dan pencegahan karhutla, belum mendapatkan kendala-kendala yang berarti.
Pasalnya kata dia, upaya menghadapi dan mencegah karhutla sejauh ini telah dilakukan personil Pol PP  lebih awal, secara bersinergis dengan instansi terkait lainnya. Baik TNI/Polri maupun dengan Satgas karhutla itu sendiri yang dilakukan lebih awal. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*