INFO
TAPD Disarankan Jangan Asal Pangkas Anggaran SOPD

TAPD Disarankan Jangan Asal Pangkas Anggaran SOPD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto mengimbau Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Palangka Raya tidak asal memangkas atau merasionalisasi anggaran satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).

TAPD disarankan lebih cermat saat hendak merasionalisasi anggaran SOPD. Sebab jika asal main pangkas dikhawatirkan akan mengganggu kinerja SOPD.

“Saya sarankan TAPD agar lebih cermat karena bisa jadi kegiatan yang dipangkas adalah kegiatan prioritas yang memang sudah dihitung sesuai kebutuhan,” tegas Sigit, Minggu (2/12/2018).

Sigit mencontohkan rasionalisasi yang bisa berpengaruh buruk terhadap kinerja SOPD misalnya rencana pemangkasan anggaran belanja cetak dan penggandaan pada dinas perhubungan.

“Rasionalisasi ini bisa berkurangnya pendapatan asli daerah (PAD) khususnya pada pengujian kendaraan bermotor, karena berhubungan dengan pembelian sarana pengujian kendaraan bermotor (PKB),” imbuhnya.

Sigit mencontohkan lagi rasionalisasi Rp1,1 miliar untuk perjalanan dinas pada Bappeda. Dia menyarankan rencana pemangkasan anggaran ini harus ditinjau ulang.

Sebab kegiatan perjalanan dinas tersebut untuk menunjang kinerja Bappeda karena kegiatan Bappeda berhubungan dengan semua SOPD dan kementerian di Jakarta. (MC. Isen Mulang)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*