INFO
“Taping Box” untuk Optimalkan Tagih Pajak dan Retribusi

“Taping Box” untuk Optimalkan Tagih Pajak dan Retribusi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Selama ini pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai sektor pajak dan retribusi terus digenjot oleh Pemerintah Kota Palangka Raya. Bicara soal pajak dan retribusi ini, maka kalangan DPRD kota setempat juga terus mendorong agar ada upaya menghimpun potensi pajak.

Menurut Wakil Walikota  Palangka  Raya, Umi Mastikah, pihaknya akan terus berupaya melakukan peningkatan PAD.

“Pada tahun 2020 nanti, pemko akan memaksimalkan  potensi yang ada, serta melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi potensi PAD,” ungkapnya, Jumat (25/10/2019).

Menurut Umi, selain memaksimalkan potensi PAD, maka seiring itu upaya meningkatkan SDM serta pemanfaatan kemajuan tekhnologi digital dalam pelaksanaaannya juga akan dijalankan secara optimal.

Diungkapkan, sistem pemanfaatan kemajuan tekhnologi digital sangat diperlukan dalam menghimpun potensi pajak dan retribusi.

“Pemko akan melakukan pengadaan Taping Box, yang akan dipasang di hotel atau penginapan, restoran/rumah makan dan tempat hiburan,” ujarnya.

Fungsi taping box itu sendiri sebut Umi adalah untuk mencatat atau menangkap  semua transaksi yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Sementara itu di sisi lain kata dia, pemko akan terus mendorong pengelolaan pajak daerah, yakni dengan membangun manajemen pengelolaan pajak yang teritegritas.

“Dimana pengelolaan pajak daerah akan dikelola satu pintu, pada badan pengelolaan pajak dan retribusi daerah Kota Palangka Raya, sehingga  lebih efektif dan efisien, bebernya.

Terlepas dari itu semua imbuh Umi, maka yang harus diperhatikan dalam setiap pengelolaan pajak dan retribusi daerah, yaitu pengelolaaannya dimana harus sesuai dengan ketentruan peraturan perundangan yang berlaku. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*