INFO
Targetkan 700 Responden Pada Kajian  Pengembangan Model pencegahan  IMS

Targetkan 700 Responden Pada Kajian Pengembangan Model pencegahan IMS

MEDIA CENTER,  Palangka Raya – Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya bekerja sama dengan  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  (STIKES)  Eka Harap Palangka Raya menyelenggarakan seminar awal kajian pengembangan model  pencegahan  infeksi  menular seksual  (IMS), Rabu (28/8/2019) di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya.

Ketua tim peneliti dari STIKES Eka Harap, Suryagustina memaparkan bahwa di Kota Palangka Raya klien yang mengalami IMS 281 kasus, HIV 75 kasus dan AIDS  40 kasus (Dinkes Kota Palangkaraya,  2018).

Berangkat dari fakta dan data maka dilakukan kajian pengembangan model   pencegahan infeksi menular seksual (IMS). Kajian dilakukan diseluruh puskesmas di Kota Palangka Raya.

Lebih lanjut Suryagustina menjelaskan, konsep pengembangan model pencegahan Infeksi Menular Seksual (IMS) di Kota Palangka Raya adalah pertama penyuluhan,  kedua sebarkan (dari penerima informasi kepada anggota keluarga), ketiga pemantauan (oleh anggota keluarga), keempat  kontrol kesehatan reproduksi dan kelima evaluasi.

Suryagustina menjelaskan, desain penelitian melalui pra-eksperintal menggunakan  one- group pra- post test design. Dengan target sebanyak 700 responden, dari 10 puskesmas yg ada di Kota Palangka Raya, dengan kriteria inklusi : klien bersedia menjadi responden, klien yang  melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas (pasien umum) dan klien beresiko penyakit IMS ( masyarakat daerah jalan lintas provinsi).

Intinya,  pasien bersedia menjadi responden, bersedia menerima penyuluhan kesehatan dan mengisi koesioner pre dan post tes. Jadi tanpa mengecek status IMS sehingga mereka menerima informasi dan akan menyampaikan ke keluarganya untuk bisa waspada dan mencegah penularan IMS, namun bagi masyarakat beresiko perlu ada kerja sama dengan petugas kesehatan setempat dalam pemeriksaan kesehatan reproduksi dan tetap menjamin kerahasian klien  ” ungkap Suryagustina. (MC. Isen Mulang/Tina).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*