INFO

Tarian Kolosal Meriahkan HUT TNI ke-72 di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hari ini, Kamis 5 Oktober 2017 Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia ke-72. Seperti biasa, HUT TNI selalu diperingati diseluruh penjuru nusantara, termasuk di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Di Palangka Raya, upacara peringatan HUT TNI ke-72 ini dilaksanakan di Lapangan Sanaman Mantikei. Bertindak sebagai inspektur upacara HUT TNI ke-72 adalah Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Habib H Said Ismail.

Perayaan HUT TNI ke-72 ini juga dihadiri Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Anang Revandoko, Plt Sekda Provinsi Kalimantan Tengah Mugeni dan beberapa kepala daerah seperti Walikota Palangka Raya Riban Satia serta Bupati Barito Utara, Nadalsyah.

Sementara itu dari Korem 102 Panju Panjung dihadiri Kasrem Letkol Kav Enda Mora Harahap, sedangkan Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika menghadiri HUT TNI ke-72 di Dermaga Pantai Indah Kiat Cilegon, Banteng.

Tahun ini perayaan HUT TNI lebih meriah, karena seusai upacara diadakan tarian kolosal yang dibawakan para muda-mudi. Tarian kolosal ini menceritakan sejarah perjuangan Tambun dan Bungai dalam mempertahankan budaya Dayak.

Selanjutnya digelar pertunjukan bela diri dari berbagai perguruan. Dalam pertunjukan ini memperagakan kehebatan peserta bela diri dalam mematahkan besi. Atraksi lainnya diperlihatkan pertunjukan pesawat kecil atau aeromodeling.

Upacara HUT TNI ke-72 ini juga dimeriahkan dengan paduan suara yang dibawakan oleh puluhan murid SD. Selain dihadiri para pejabat, perayaan HUT TNI ini juga disaksikan oleh masyarakat dan ratusan anak didik dari berbagai sekolah.

Sementara itu seusai mengikuti upacara, Walikota Palangka Raya Riban Satia mengucapkan selamat HUT TNI ke-72. Walikota berharap semoga TNI terus komitmen menjaga keutuhan NKRI. TNI harus menjaga keutuhan bangsa dan negara bersama rakyat.

Diakui walikota, tugas TNI cukup berat, karena selain memiliki tugas khusus menjaga NKRI, tugas lainnya yang harus dilaksanakan prajurit TNI adalah ikut mendukung program pemerintah dalam mempercepat pemerataan pembangunan.

Salah satu peran aktif TNI dalam membantu pembangunan adalah dengan Program Manunggal Membangun Desa (PMMD). Program ini setiap tahun dilaksanakan prajurit TNI diseluruh nusantara, termasuk di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*