INFO
Tarif Angkutan Udara dan Daging Ayam Penyumbang Inflasi di Palangka Raya

Tarif Angkutan Udara dan Daging Ayam Penyumbang Inflasi di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami inflasi 0,48 persen pada Oktober 2019 lebih tinggi dibandingkan September 2019 yang tercatat mengalami deflasi -0,07 persen. 
 
Menurut Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Tengah, Setian capaian inflasi ini juga lebih tinggi dibandingkan capaian pada Oktober 2018 yang tercatat mengalami inflasi 0,19 persen.
 
Sementara itu di tingkat nasional terjadi inflasi yang tercatat 0,02 persen atau lebih tinggi dibandingkan capaian nasional pada September 2019 yang tercatat mengalami deflasi 0,27 persen. 
 
“Hal ini menunjukkan bahwa capaian inflasi Kalimantan Tengah pada Oktober 2019 sejalan dengan tren capaian inflasi nasional,” kata Setian, Kamis (7/11/2019).
 
Setian mengatakan inflasi terjadi didua kota sampel di Kalimantan Tengah yakni Kota Palangka Raya 0,64 persen dan Sampit 0,21 persen pada Oktober 2019.
 
Inflasi di Palangka Raya karena oleh kelompok administered price dan volatile foods. Komoditas yang memberikan andil terbesar pada inflasi Kota Palangka Raya antara lain adalah tarif angkutan udara dengan andil 0,20 persen dan daging ayam ras dengan andil 0,17 persen.(MC.Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*