INFO
Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Perbanyak Latihan Kerja

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Perbanyak Latihan Kerja

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya mencatat, jika pada tahun 2018 angka pengangguran di kota Palangka Raya mencapai 2.236 orang.

Untuk menekan angka pengangguran sebanyak itu, dinas ini pun terus menggiatkan pelatihan keterampilan kerja kepada masyarakat.

“Kita memperbanyak kegiatan pelatihan keterampilan kerja melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pelatihan Kerja yang dimiliki Disnaker,” ungkap Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya,  Ikhwansyah, Senin (18/2/2019).

Dikatakan Ikhwansyah,  kegiatan pelatihan keterampilan kerja pada tahun 2019 ini telah diprogramnya, dengan sasaran masyarakat yang belum bisa mengembangkan kemampuan dan keterampilan sesuai kemampuan.

‘Melalui  UPT ini nantinya mereka bisa mengetahui arah mana yang dinilai tepat dengan kemampuan yang dimiliki,” terangnya lagi.

Dengan adanya pelatihan tersebut, imbuh Ikhwansyah, setidaknya dapat menurunkan angka pengangguran. Terlebih di 2019 ini nantinya akan banyak program kegiatan pelatihan keterampilan kerja melalui UPT Disnaker yang bakal diberikan kepada masyarakat. “Seperti teknik perbengkelan, keterampilan,  lainnya,” bebernya.

Dalam bagian lain Ikhwansyah berharap, jika pihak perusahaan- perusahaan yang ada di Kota Palangka Raya, dapat membantu membuka lebih banyak lagi kesempatan kerja bagi masyarakat. Dengan begitu akan berkontribusi dalam menekan ataupun menurunkan angka pengangguran.

“Ya, seperti ‘Job Fair’ yang melibatkan banyak perusahaan untuk membuka lowongan atau bursa kerja. Ini efektif dalam  menurunkan angka pengangguran  yang selalu bertambah dalam setiap tahun,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*