INFO

Temu Tokoh Budaya Bersama Penggalang Dari 34 Provinsi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perwakilan Pramuka penggalang  dari 34 provinsi seluruh Indonesia dan 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah mengikuti sesi temu tokoh budaya, Senin (17/7/2017).

Temu tokoh ini diadakan setelah mereka mengikuti pembukaan Kemah Budaya Nasional (KBN) di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Kota Palangka Raya.

Dalam temu tokoh ini menghadirkan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, Wakil Kwarnas Budi Prayitno, Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, dan pengamat budaya Provinsi Kalimantan Tengah Kusni Sulang.

Melalui temu tokoh ini banyak pelajaran yang diperoleh para anak-anak sekolah menengah pertama (SMP) ini tentang keanekaragaman adat dan budaya mulai dari Aceh sampai Papua.

Mereka juga diberikan pemahaman akan pentingnya mengikuti Pramuka. Dengan Pramuka mereka akan kenal adat dan budaya orang lain, sebab dalam berpramuka mereka pasti akan berteman dengan anak-anak dari berbagai daerah.

Sementara itu dalam sesi tanya jawab pengamat budaya Kusni Sulang mendapat pertanyaan dari peserta. Salah satunya pertanyaannya soal apa untung dan ruginya jika tidak mengikuti Pramuka?

Menurut Kusni Sulang, bagi generasi muda tidak mengikuti Pramuka tidak apa-apa, tapi rugi. Sebaliknya bagi yang ikut Pramuka akan mendapat ilmu, karena selain bisa belajar berorganisasi juga akan didapat berbagai pengalaman.

“Melalui Pramuka inilah bekal untuk bisa jadi pemimpin. Melalui Pramuka banyak yang jadi pemimpin. Pramuka bisa melahirkan mualim bangsa,” jawab Kusni.

Sementara itu Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio menambahkan melalui KBN ini para peserta bisa saling mengenal budaya satu degan yang lainnya.

“Jika tidak ikut Pramuka sangat rugi. Kalian yang sudah menjadi anggota Pramuka ini sudah berada di jalan yang benar,” tuturnya. (MC. Isen Mulang)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*