TERKINI
Terapkan QRIS Wujudkan UMKM Naik Kelas

Terapkan QRIS Wujudkan UMKM Naik Kelas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP), terus mendorong para pelaku UMKM di Palangka Raya, untuk menerapkan Quick Respose Indonesia Standard (QRIS), sebagai metode pembayaran disetiap transaksi.

“Saat ini sudah banyak UMKM, pedagang dan toko-toko di Palangka Raya yang telah menyediakan layanan pembayaran dengan QRIS,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan pada DPKUKMP Palangka Raya, Hadriansyah, Rabu (3/8/2022).

Adau begitu sapaan akrab Hadriansyah menjelaskan, QRIS merupakan standar QR Code nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, dan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019, dengan tujuan agar proses transaksi pembayaran secara domestik menggunakan QR Code, dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Tujuan lain dari transaksi non tunai atau pembayaran dengan QRIS itu, yakni untuk mempermudah penjual dan pembeli. Contohnya, pedagang tidak lagi kesulitan mencari uang kembalian. Bahkan pedagang dan pembeli tidak perlu lagi tatap muka cukup belanja secara online.

“Kami ingin UMKM mampu menerapkan QRIS guna peningkatan daya saing berbasis digital, untuk menggerakkan ekonomi guna terwujudnya masyarakat ekonomi cerdas (smart economy),”harapnya.

Sementara disinggung terkait adanya pelaku UMKM yang sudah tidak lagi menggunakan transaksi non tunai atau QRIS tersebut, menurut Adau, hal itu lebih kepada ketidaktahuan bahwa saat ini setiap pelaku usaha didorong bisa beradaptasi dengan era digital.

“Dengan berdaya saing berbasis digital, sebenarnya akan mempermudah menuju UMKM naik kelas. Karena itu kedepan, kami bersama pihak BI akan terus mensosialisasikan pentingnya transaksi non tunai atau QRIS ini,”tambahnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*