INFO
Terpantau 186 Titik Api di Kalimantan Tengah

Terpantau 186 Titik Api di Kalimantan Tengah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini wilayah Provinsi Kalimantan Tengah masih masuk musim hujan, namun dibeberapa kabupaten dan kota sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Badan Metrologi, Klematologi, dan Geofisikas (BMKG) Palangka Raya mendeteksi sejak Januari hingga 28 Mei 2019 sudah ada 186 titik api di wilayah Kalimantan Tengah.

Dari sebaran hotspot ini menurut Kepala Stasiun BMKG Palangka Raya, Catur Winarti yang paling banyak terpantau di wilayah Kota Palangka Raya sebanyak 41 titik api.

“Urutan kedua Kabupaten Barito Utara,” kata Catur saat mengikuti rapat Karhutla yang dipimpin Staf Ahli Setda Kota Palangka Raya, Supriyanto, Rabu (29/5/2019).

Meski wilayah Kalimantan Tengah mulai ‘dilanda’ Karhutla, namun particulate matter (PM) masih di bawah 10, sehingga masih kategori aman atau belum bahaya bagi kesehatan.

Meski begitu pihaknya mengimbau semua pihak yang terlibat dalam tim Karhutla segera melakukan pencegahan agar musibah Karhutla di wilayah Palangka Raya bisa diminimalisasi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*