TERKINI
Tetap Waspada Hadapi Kemarau Panjang

Tetap Waspada Hadapi Kemarau Panjang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengingatkan semua elemen masyarakat, untuk terus meningkatkan kewaspadaan dini, terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah setempat.

“Saat ini ada kecenderungan mulai memasuki musim kemarau, dimana cuaca panas sangat terasa. Kondisi iklim kemarau tentu akan sangat rawan karhutla,” ungkapnya, Jumat (6/5/2022).

Terlebih lanjut dia, bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah-wilayah kelurahan yang sejauh ini rawan terjadi karhutla, maka kewaspadaan dan kesiapan dini harus dilakukan.

Sementara itu bagi Pemerintah Kota Palangka Raya, terutama melalui instansi terkaitnya, diharapkan dapat terus melakukan kesiapan itu. Sebut saja mengaktifkan keberadaan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) disetiap kelurahan-kelurahan.

“Terutama memfokuskan pada pencegahan dini terjadinya karhutla. Sekaligus memperkuat sosialisasi agar warga tidak membakar lahan dimusim kemarau,”kata Anna.

Disisi lain ada baiknya Pemerintah setempat dapat melakukan pengecekan dan persiapan lainnya. Seperti terkait ketersediaan sarana dan prasarana karhutla.

Sebut saja, upaya memenuhi segala kekurangan sarana prasarana atau sarpras. Dengan begitu upaya mencegah bencana karhutla secara maksimal dapat dilakukan.

“Kesiapan-kesiapan banyak pihak, termasuk masyarakat diperlukan guna mencegah karhutla. Terlebih kemarau ditahun 2022 ini diprediksi lebih panjang,”tutup Anna. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*