TERKINI
Tidak Mengecilkan Arti Kehadiran Tuhan

Tidak Mengecilkan Arti Kehadiran Tuhan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Staff Tim Pelayanan pada Gereja Pelayanan Penyembahan Karismatik (GPPK) Kota Palangka Raya, Daniel Susanto Ngadini mengatakan, masih meluasnya pandemi virus corona atau Covid-19 termasuk di Kota Palangka Raya, tentu membuat sejumlah perayaan hari-hari besar di lingkup umat Kristiani terpaksa harus dilakukan semua jemaat di rumahnya.

“Seperti hari ini pelaksanaan Jumat Agung dan berikutnya ibadah Paskah, maka jalannya ibadah akan dilakukan jemaat disetiap gereja yang ada di Kota Palangka Raya di rumah masing-masing bisa lewat Live Streaming maupun liturgi,”ungkap Daniel, Jumat (10/4/2020).

Harus diakui lanjut Daniel, untuk pelaksanaan Jumat Agung, dan Paskah (termasuk Minggu Paskah), maka pelaksanaan di tahun ini akan berbeda. Seperti perayaan seremoni paskah yang biasanya rutin dilaksanakan, kini di tengah kondisi pandemi virus corona akan ditiadakan.

“Umat Kristiani kita anjurkan untuk tidak melaksanakan selebrasi paskah, seperti jiarah ke makam keluarga mengingat rawan terjadinya kerumunan. Ya, paling tidak buat syukuran paskah yang digelar di rumah masing-masing,”jelasnya.

Menurutnya, umat Kristiani tidak perlu berkecil hati bila tidak bisa melaksanakan ibadah secara komunal seperti biasanya. Sejatinya kata dia, dalam kondisi saat ini Tuhan memiliki rencana yang maha adil.

“Kalaupun kita harus melaksanakan di rumah, yang terpenting tetap fokus. Jadikan ikatan hati dan roh kita satu bagian dari tubuh Yesus Kristus. Ibadah di rumah tidak mengecilkan arti kehadiran Tuhan,”tuturnya.

“Terpenting di tengah kondisi pandemi ini, kita bisa mengambil makna dalam kehidupan. Setidaknya kita bisa merenung, berkumpul dan banyak lagi. Terutama mengingat dan ingin dekat dengan Tuhan. Jadi jangan kuatir Jumat Agung dan Paskah di tahun ini akan kehilangan makna, tidak sama sekali,”tambah Daniel.

Dalam momentum Jumat Agung dan Paskah ini tambah Daniel, ada baiknya semua umat Kristiani, dapat berdoa secara khusus kepada Kristus, agar dapat memberikan khidmat dan kekuatan bagi pemerintah termasuk tenaga medis dalam mengatasi musibah ini. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*