INFO
Tiga Kawasan Kota Cantik Jadi Prioritas Infrastruktur

Tiga Kawasan Kota Cantik Jadi Prioritas Infrastruktur

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus menggenjot penanganan infrastruktur, terutama jalan dan drainase. Hal itu sejalan dengan visi misi pemerintahannya saat ini.

Dalam fase lima tahun kedepan yang sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), maka pemko melalui Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan memfokuskan penanganan infrastruktur di tiga titik kawasan.

“Tiga kawasan itu, yakni Panarung, kawasan  sepanjang Jalan Temanggung Tilung dan kawasan  sepanjang Jalan Rajawali,” ungkap Plt Kepala PUPR Kota Palangka Raya Albert Toembak, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya, semua kawasan jalan yang masuk pada tiga kawasan itu akan terkoneksi penanganan infrastruktur yang diprioritaskan dalam lima tahun kedepan.

Semisalkan, kawasan Panarung yang terkoneksi dengan Jalan Jati dan Janah Jari. Lalu Jalan Temanggung Tilung terkoneksi kesemua jalan sekitarnya, seperti sejumlah Jalan Menteng. Pun begitu Jalan Rajawali terkoneksi hingga Jalan Beliang.

Terlepas dari tiga penanganan infrastruktur prioritas tersebut terang Albert, maka pihak pemko tetap akan memperhatikan sekaligus melakukan penanganan infrastruktur jalan-jalan di daerah lainnya.

Seperti halnya kawasan komplek pasar besar, dimana kawasan itu akan tersendiri dilakukan penanganan infrastruktur, terutama memperioritaskan perbaikan saluran-saluran sekunder.

“Untuk kawasan pasar besar ini, difokuskan pada saluran di Jalan Bangka dan Sumbawa saluran akan diperlancar keluar ke Sungai Kahayan,” ungkapnya.

Selebihnya Albert menjelaskan, jika penanganan infrastruktur di wilayah kota tersebut adalah dengan jangkauan seluas  911 kilometer. Jangkauan infrastruktur seluas itu menjadi kewenangan pemerintah kota.

“Paling tidak dalam satu tahunnya ada sekitar 18 kilometer yang tertangani,” sebutnya.

Hingga saat ini tambah Albert, ada sekitar 45 persen perbaikan, pemeliharaan dan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, saluran drainase telah menunjukan progress, sebab diawal tahun pertama anggaran kepemimpinan walikota saat ini, pembangunan infrastruktur telah difokuskan. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*