TERKINI
Tiga TPS 3R di Kota Palangka Raya Telah Beroperasi

Tiga TPS 3R di Kota Palangka Raya Telah Beroperasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tiga Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) yang dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya telah dioperasikan.

Adapun ketiga TPS 3R tersebut berlokasi di Jalan Merdeka, Kelurahan Bukit Tunggal dan Kecamatan Jekan Raya yang pembangunannya difasilitasi oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Tengah.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, TPS 3R ini memiliki beberapa tugas. Yakni menjalankan kegiatan operasional, mengoperasikan dan memelihara prasarana dan sarananya serta melakukan kampanye tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS baik kesehatan diri dan kesehatan lingkungan.

“Semoga dengan keberadaan TPS 3R ini menjadikan Kota Palangka Raya menjadi kota yang bersih, sehat, indah dan ramah lingkungan,” ucap Fairid, Selasa (12/10/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan dengan adanya TPS 3R ini dapat mendukung ketercapaian target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada tahun 2025.

“TPS 3R juga diharapkan dapat mendukung ketercapaian target pengurangan sampah sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 20 Tahun 2019 tentang kebijakan strategi Kota Palangka Raya dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga, di mana pada tahun 2025 menargetkan pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen,” ungkap Zaini. (MC. Isen Mulang/Nitra/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*