INFO
Tim Kementerian Kesehatan Melakukan Penilaian Akreditasi ke Puskesmas Rakumpit

Tim Kementerian Kesehatan Melakukan Penilaian Akreditasi ke Puskesmas Rakumpit

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lembaga yang akan melakukan penilaian akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama adalah Lembaga Independen yang diberi kewenangan oleh Kementerian Kesehatan untuk melaksanakan penilaian akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama lainnya, yakni Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Tim survei akreditasi puskesmas melakukan penilaian terhadap puskemas di Mungkubaru Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya. ”Sudah tiga hari ini tim survei menilai sejak 10 Oktober lalu kata Sri Utomo Sekretaris Kecamatan Rakumpit kepada awak Media Center Isen Mulang Palangka Raya, Selasa, (15/10/2019).

Kepala UPT Puskesmas Rakumpit Yunedi mengatakan, ada satu tim penilaian yang terdiri dari tiga orang, dan ada sejumlah komponen yang menjadi penilaia tim survei.

Secara umum kata Yunedi ada tiga komponen utama yang menjadi penilaian dalam proses akreditasi Puskesmas yakni “penilaian administrasi manajemen, mutu pelayanan dan audit internal puskesmas.”
Pada saat ini Puskesmas Mungku Baru di kecamatan Rakumpit sudah berakreditasi.

Jika awalnya lanjut Yunedia puskesams sudah dapat akreditasi, maka tiga tahun  berikutanya harus naik status diatasnya dan hasil survei akan di laporkan ke Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, yakni komisi yang menentukan penilaian.

Sekretaris Camat Sri utomo, menambahkan untuk meningkatan tahapan akreditasi tersebut tidak tertumpu pada salah satu sektor internal Puskesmas, melainkan harus melibatkan semua pihak kecamatan, Kelurahan dan stakeholder lainnya yang menyangkut mutu pelayanan sehingga didapat hasil yang optimal.

Peran Puskesmas lanjutnya tidak saja menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di kecamatan, namun bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang memudahkan  masyarakat, harapannya.

Kehadiran Puskesmas di setiap kelurahan bisa mendekatkan antara pemerintah dan masyarakat. Mempermudah akses pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang/Ykris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*