INFO
Tim Kesehatan Cek Wanita Berat Badan 300 Kilo Gram Lebih

Tim Kesehatan Cek Wanita Berat Badan 300 Kilo Gram Lebih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim kesehatan dari Puskesmas Menteng, Kota Palangka Raya mengecek kondisi wanita yang memiliki berat badan lebih dari 300 kilo gram, Selasa (8/1/2019).

Pengecekan dilakukan di kediaman wanita bernama Titi Wati (37) di Jalan G Obos XXV, Gang III Jalan Bima. Ikut melakukan pengecekan petugas dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya.

Pengecekan ini dilakukan atas perintah Walikota Palangka Raya Fairid Naparin agar ibu satu anak ini Herlina (19) segera mendapatkan penanganan medis. Dari hasil pengecekan, Titi Wati memiliki kadar gula 314, kolestrol 206, dan asam urat 4,2.

Kepala Puskesmas Menteng, Sri Hartinah mengatakan Titi harus segera mendapatkan penanganan di rumah sakit. Apalagi ada beberapa titik di bagian tubuhnya mengalami luka lecet akibat dampak selalu sering berbaring dalam kurun waktu tahunan.

“Kita sedang melakukan koordinasi dengan dinsos kota dan provinsi serta rumah sakit. Kemarin kita berencana mengevakuasi, namun Titi tidak mau. Sekarang sudah mau,” katanya.

Sementara itu Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Perdagangan Orang pada Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Subarnadi mengatakan kondisi Titi memang perlu penanganan khusus.

“Kami siap melakukan pendampingan. Apalagi beliau ada BPJS maka akan lebih mudah,” ucapnya. Titi mengalami berat badan lebih dari 300 kilogram itu selama enam tahun. 

Bahkan saat ini memasuki tahun ke-7. Selama kurun waktu itu ia hanya bisa berbaring. Paling banyak dalam posisi tengkurap. Jika terlentang, ia tak mampu lama karena dada terasa sesak. 

Selain itu dampak lainnya yakni saat bangun tidur badan sudah terasa sakit. Segala keperluan sehari-hari dibantu oleh anaknya, sedangkan sang suami Edi (52) mencari nafkah. (MC. Isen Mulang)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*