INFO
Tim Pemko Palangka Raya Belajar Smart City Ke Diskominfo Kota Bandung

Tim Pemko Palangka Raya Belajar Smart City Ke Diskominfo Kota Bandung

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim Pemerintah Kota Palangka Raya yang dikoordinir oleh Balitbang,  didampingi  Diskominfo,  Bappeda,  Dinkes, Dinas PPKBPP & PA, Dinsos, dan Disnaker untuk belajar  tentang smart City ke Diskominfo Kota Bandung, Rabu (9/10/2019).

Pada pertemuan itu Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan Sumber Daya Diskominfo Kota Bandung,  Ayi Mamat Rochmat  memaparkan Bandung Smart City (BSC).

Pertimbangan menjadikan Bandung Smart City antara lain adalah potensi kota Bandung yakni memiliki 40 Perguruan Tinggi/Akademi,  sebagai kota fashion dan beragam kuliner.

Bandung Smart City adalah kota yang berfungsi secara maksimal dalam mengelola berbagai sumber daya kota secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan problematika kota menggunakan solusi inovatif,  terintegrasi dan berkelanjutan dimana teknologi menjadi pendorong terciptanya solusi tersebut ditunjang infrastruktur yang kuat dan sumber daya manusia yang siap untuk memberikan layanan  yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya menuju kota Bandung yang nyaman dan dicintai.

Lebih lanjut Ayi mengatakan dimensi Bandung Smart City meliputi Pemerintahan cerdas,  branding cerdas, ekonomi cerdas,  pola hidup  cerdas,  masyarakat cerdas,  lingkungan cerdas,  evaluasi smart city, smart college,   smart district,  pameran  dan marketplace.

Ditambahkan oleh Kepala Seksi Evaluasi  Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ganjar Setya Pribadi, Regulasi penguatan Bandung  Smart City
1. Perwal rencana induk bandung kota cerdas
2. Perwal tata kelola tik
3. Perwal tata kelola data
4. Kepwal tim pelaksana smart city
5. Kepwal evaluator spbe
6. Kepwal dewan smart city
7. Kepwal manajemen pengelolaan sistem informasi
8. Kepwal tim koordinasi spbe
9. Standarisasi sumber daya tik
10. Standarisasi sdm tik<
11. Standarisasi hardware dan software

Sesuai penilaian dari Kementerian Kominfo RI,  Bandung Smart City mendapat kategori Smart dengan nilai A, tutup Ayi. (MC. Isen Mulang/tina).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*