INFO
Tim Satgas Terus Berupaya Menangani Bencana Karhutla

Tim Satgas Terus Berupaya Menangani Bencana Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bencana Karhutla menjadi momok setiap tahun nya di bumi tambun bungai Kalimantan Tengah, berbagai cara dan upaya dalam penanggulangan bencana karhutla telah dilakukan sepanjang tahun 2019 ini.

Komandan Satgas Penanganan Karhutla Kalimantan Tengah Kolonel Armed Syaiful Rizal dalam rapat koordinasi penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan Kalimantan Tengah bertempat di VIP Room Bandara Tjilik Riwut (5/8/2019) mengatakan luasan lahan yang terbakar saat ini sebaran hotspot 1299 titik dan fire spot berjumlah 438 titik yang tersebar di wilayah Kalimantan Tengah

Armed pun mengungkapkan penyebab bencana karhutla saat ini selain faktor musim kemarau berkepanjangan ada faktor lain yang mempengaruhi.

“Penyebabnya dari kebakaran lahan yang dilakukan secara sengaja,dan proses pemadaman pun hanya api dipermukaan tanah karena lahan yang terbakar merupakan lahan gambut serta adanya peningkatan permukaan tanah akibat tiupan angin,” ucapnya.

Untuk mengurangi dampak bencana yang berkepanjangan tim satgas karhutla telah melakukan beberapa metode pencegahan diantaranya melakukan deteksi dini terhadap titik api yang tersebar, patroli rutin kepada daerah rawan kebakaran di lingkungan masyarakat serta sosialisasi melalui media cetak, media elektronik dan media televisi.

“Tim patroli terpadu dan Tim satgas terdiri dari 1215 personel yang mana 100 tim satgas melakukan pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat.” jelasnya.

Dengan berbagai daya dan upaya yang dilakukan tim gabungan TNI dan POLRI serta instansi terkait kebakaran hutan dan lahan ini diharapkan dapat mengurangi dampak kabut asap di wilayah Kalimantan Tengah. (MC Isen Mulang/Iin/Gusti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*