INFO

Tingkatkan Ekonomi Manfaatkan Lahan Untuk Ternak Sapi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Warga Kalampangan tingkatkan perekonomian dengan memanfaatkan lahan untuk menambah pendapatan melalui peternakan dan pertanian.

Dari sektor pertanian, warga Kalampangan sudah sejak lama menggeluti usaha pertanian seperti sayur dan buah sehingga tidak mengherankan ketika berkunjung ke daerah ini hampir di setiap rumah warga terlihat kebun sayur dan buah yang berdampingan dengan rumah warga.

Sektor peternakan pun cukup menarik, warga kalampangan menyiasati lahan yang ada untuk beternak sapi maupun kambing.
Seperti yang dilakukan Rubio, warga Jalan Kenangan Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya, Senin (15/6/2020).

Rubio sudah 10 tahun menetap di Kota Palangka Raya, khususnya Kelurahan Kalampangan. Pria asal gunung kidul Yogyakarta ini memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk beternak sapi.

Kondisi alam yang ada mendukung untuk mendapatkan pakan sapi, seperti rumput yang sangat mudah diperoleh dan membuat warga banyak beralih profesi menjadi peternak.

Sapi yang secara khusus didatangkan dari Sulawesi, dan sapi memang kami dipersiapkan untuk menghadapi hari raya Haji atau hari raya Qurban, yang mana permintaan sapi qurban meningkat setiap tahunnya.

“Setiap tahunnya kami dari kelompok ternak sapi kalampangan menyediakan sapi untuk qurban, seiring semakin dekat hari raya haji kami mendatangkan sapi dari sulawesi agar stok sapi tersedia saat permintaan masyarakat akan sapi qurban meningkat,” ucap Rubio.

“Saya bersyukur semenjak beternak sapi, perekonomian saya lebih maju dari sebelumnya setidaknya saya bisa menyekolahkan anak dan untuk kebutuhan ekonomi keluarga sehari-hari,” lanjutnya.

Terkait mewabahnya virus Covid-19, saya berharap tidak mempengaruhi penjualan sapi didaerahnya mengingat banyak warga yang bergantung hidup dari beternak sapi.

Semoga saat hari raya qurban nanti tidak mempengaruhi penjualan sapi, Palangka Raya tempat mengadu hidup kami, saya sudah betah dengan kehidupan di Kalampangan ini yang sudah saya tinggal selama 10 tahun semenjak pindah dari gunung kidul, tutupnya (MC Isen Mulang/Gusti/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*