INFO
Tinjau Titik Banjir, Walikota Minta Warga Terdampak didata

Tinjau Titik Banjir, Walikota Minta Warga Terdampak didata

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Luapan air dibeberapa sungai yang ada di wilayah Palangka Raya akibat tingginya curah hujan belakangan ini, menimbulkan terjadinya banjir dadakan di sejumlah pemukiman warga, terutama perumahan yang berdekatan langsung dengan daerah  aliran sungai (DAS).

Banyaknya kawasan yang terendam oleh banjir tersebut, tidak luput dari perhatian Walikota Palangka Raya HM Riban Satia. “Ya, saya ada meninjau beberapa titik wilayah yang terdampak banjir akibat meluapnya debit air,”ungkap Riban, Kamis (3/5/2018).

Menurutnya, sejumlah kawasan yang terdampak banjir seperti  Petuk Katimpun, Tanjung Pinang, maupun Kalampangan dan kawasan lainnya akan terus dipantau, terutama sejauhmana ketinggian air yang menggenangi kawasan-kawasan itu.

“Seperti di Petuk Katimpun, terlihat debit air sudah surut dari sebelumnya. Begitu pula di Tanjung Pinang,” terangnya.

Pun demikian, adapula kawasan lain seperti Kalampangan yang sisi kanan jalan biasanya tidak terjadi banjir malah terdampak, bahkan  sampai merendam lahan pertanian di sana. Terjadinya banjir tentu akan berdampak pula terhadap semua aspek kehidupan masyarakat. Dimana dari segi mata pencaharian juga terganggu.

“Saya minta dinas terkait untuk  mendata warga, terutama bagi mereka yang terdampak banjir, sehingga mudah dalam hal memberikan bantuan sesuai anggaran yang ada,” tutur Riban.

Dikatakan, anggaran bantuan yang dapat dilakukan pemerintah kota terhadap kondisi banjir saat  ini, adalah menggunakan anggaran berbasis kinerja, yakni sesuai peruntukan dan perencanaan.

“Kalau menggunakan dana tak terduga, tentu ada aturan. Terutama terkait dengan tingkat bencana atau  status dari kriteria bencana,” singkatnya. (MC. Isen Mulang.1/ Foto : Ist)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*