INFO
Tonjolkan Kearifan Lokal, Melalui Festival Masak Ikan

Tonjolkan Kearifan Lokal, Melalui Festival Masak Ikan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya memiliki kekayaan sungai dan danau yang kaya akan beragam biota di dalamnya.

Hal tersebut bisa dipahami, mengingat wilayah Kota Palangka Raya yang dikenal dengan julukkan Kota Cantik itu wilayahnya dikelilingi oleh beberapa sungai besar yang membelah beberapa sudut wilayah. Seperti Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan juga masuk area perairan Sungai Sebangau.

Beragam jenis ikan air sungai menjadi kekhasan dan potensi besar bagi Kota Palangka Raya, terutama masyarakat akan dimanjakan dengan kayanya pangan ikan, yang tidak akan ada habisnya.

Namun demikian kekayaan ikan sungai tersebut, tidaklah cukup manakala masyarakat termasuk pemerintah daerah tidak mampu mengolahnya dalam berbagai kreasi dan ciri khas kearifan lokal yang memiliki nilai tersendiri.

Tetapi bagusnya, Pemerintah Kota Palangka Raya memiliki pemikiran dan upaya bagaimana memberikan kreasi  dari potensi  memanfaatkan ikan sungai menjadi sebuah kearifan lokal yang khas. Salah satu caranya adalah melalui festival masakan ikan lokal 2019.

“Ikan memiliki gizi dan protein, karenanya masyarakat perlu membiasakan untuk lebih gemar makan ikan,” ungkap Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, sesaat sebelum membuka festival masakan ikan lokal 2019 di seputaran Bundaran Besar dan Jl. Brigjen Katamso Palangka Raya, Minggu (28/7/2019) pagi.

Dikatakan, festival masakan ikan lokal ini diharapkan membawa sisi positif,  terutama untuk memperkenalkan ke khasan masakan ikan lokal dengan jenis masakan tradisional yang bernilai kearifan lokal masyarakat Kota Palangka Raya.

Sementara dari sektor kepariwisataan, even ini dapat dijadikan momentum untuk pelestarian seni budaya dan kuliner khas sekaligus memperkenalkan pariwisata di Palangka Raya dan juga menjadi ajang promosi besarnya kearifan lokal yang ada.

“Dengan begitu masakan khas Kota Cantik ini akan dikenal secara luas, terutama oleh masyarakat dari luar daerah,” ujarnya.

Adapun kegiatan festival yang digelar bertepatan dengan rutinitas masyarakat Kota Cantik yakni car free day tersebut, merupakan  rangkaian memperingati hari ulang tahun ke-54 Pemerintah Kota Palangka Raya dan HUT ke-62 Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*