INFO
Transparansi Pengelolaan Keuangan Harus terjaga

Transparansi Pengelolaan Keuangan Harus terjaga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Laporan keuangan yang lebih baik diharapkan menjadi sebuah tradisi dari akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Palangka Raya yang terus terjaga.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah saat menyampaikan pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2018 dalam rapat paripurna ke-2 masa sidang II tahun sidang 2019 di ruang paripurna DPRD Palangka Raya, Selasa (11/6/2019).

Dalam paripurna ini Umi menegaskan jika APBD merupakan instrument kebijakan pembangunan yang sangat penting, oleh karena itu reputasi dan kredibilitas harus dijaga dan yang penting bahwa pelaksanaan APBD harus mampu terlaksana dengan baik.

Seperti halnya sebut dia dalam laporan keuangan Pemerintah Kota Palangka Raya tahun anggaran 2018, dimana telah disampaikan berdasarkan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual.

Laporan itu terdiri dari laporan realisasi anggaran tahun 2018, laporan perubahan saldo anggaran tahun 2018, kemudian neraca keuangan per 31 Desember 2018.

Dengan diterbitkannya laporan keuangan inipula dapat dijadikan salah satu sumber informasi bagi para stakeholder dalam memahami kondisi dan kemampuan daerah yang tergambar dalam laporan keuangan pemerintah kota Palangka Raya.

“Semua ini dilakukan untuk menjalankan penyerapan anggaran dan menjaga tranparansi yang baik sebagai pertanggungjawaban APBD tahun 2018,” paparnya.

Adapun paripurna yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraeni tersebut, dihadiri pula jajaran kepala OPD dan Forkopimda lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Dalam kesempatan itu Nia mengatakan bahwa rapat paripurna ini merupakan bagian dari pembahasan rancangan peraturan daerah atau raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2018.

“Pertanggungjawaban keuangan ini memang selalu rutin dibahas hasil pelaksanaannya dalam setiap tahun,” katanya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*