INFO
Triwulan Ketiga Setiap OPD agar Menggenjot Serapan Anggaran Hingga 70 Persen

Triwulan Ketiga Setiap OPD agar Menggenjot Serapan Anggaran Hingga 70 Persen

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Serapan anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya masih rendah yakni hanya mencapai 28,33 persen.

Realisasi serapan anggaran pada angka tersebut adalah pada akhir triwulan kedua, dimana pada triwulan itu seharusnya serapan sudah mencapai 50 persen.

Melihat hal ini Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, agar triwulan ketiga setiap OPD dapat menggenjot realisasi serapan anggaran hingga mencapai 70 persen.

“Pada triwulan kedua ini masih di bawah 30 persen, maka itu di triwulan tiga nantinya seluruh OPD harus mampu mencapai 70 persen,” tegasnya, di Aula Peteng Karuhei (PK) II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (23/7/2019).

Dalam stresingnya  pada rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) yang dihadiri seluruh OPD lingkup Pemko Palangka Raya, Fairid menyebut ada 10 OPD yang berada di zona merah, atau yang serapan anggarannya dibawah 30 persen.

Sedangkan 20 OPD berada di zona kuning yang serapan anggarannya diatas 30 persen. Lalu 9 OPD berada di zona hijau atau serapan anggarannya mencapai dari yang ditargetkan.

Adapun pada zona merah ini lebih kepada dinas teknis, salah satunya seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), yang mana rata-rata kendala yang dihadapi adalah masalah lelang, dan perencanaan yang membuat prosesnya lama.

Fairid juga mengungkapkan, jika pihaknya sudah ada solusi atas permasalahan yang sering dihadapi setiap tahun terkait realisasi anggaran yang tak mencapai target.

“Harusnya diakhir tahun anggaran sudah disusun perencanaan untuk tahun depan. Sehingga diawal tahun sudah tidak lagi berbicara perencanaan, tapi sudah pada tahap pelaksanaanya,” tegasnya.

Tidak lupa mantan Ketua KNPI Kalteng ini menjelaskan, apabila realisasi anggaran yang tidak mencapai target tentu akan berpengaruh pada anggaran perubahan.

“Bukan masalah mengurangi atau menambah jumlah anggaran saja, namun lebih kepada tepat atau terarah program dari anggaran yang sudah disediakan tersebut,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*