INFO
Ujian Uji Kinerja bagi Mahasiswa PPG Universitas Palangka Raya

Ujian Uji Kinerja bagi Mahasiswa PPG Universitas Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tugas mulia seorang guru merupakan ujung tombak dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan yang luar biasa. Guru harus dapat menterjemahkan makna tanggungjawab dengan baik untuk meminimalisir kegagalan yang akan berdampak pada pribadi guru itu sendiri maupun peserta didik.

Pendidikan dan guru sama-sama penting dan saling bergantung. Pendidikan yang baik dapat terwujud dengan guru yang berkualitas yaitu guru yang meiliki integritas tinggi, kreatif, demokratis, dan tidak terkekang oleh birokrasi pemerintah maupun politik.

Sehubungan dengan hal itu semua, hari ini adalah hari kedua pelaksanaan ujian uji kinerja bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Palangka Raya (UPR) pada tahap praktek mengajar di beberapa sekolah tingkat SD , SMP dan SMA di Kota Palangka Raya.

Ardo Subagjo instruktur PPG di Universitas Palangka Raya, Selasa (30/4/2019) menjelaskan bahwa model pembelajaran sekarang yang diterapkan adalah model pembelajaran yang bukan berbasis ceramah atau hafalan, tetapi model pembelajaran yang berbasis aktivitas dan kreativitas, menginspirasi, menyenangkan dan berprakarsa, serta lebih mengacu pada makna alami yaitu terpusat pada peserta didik, autentik, kontekstual, dan bermakna bagi kehidupan peserta didik sehari-hari. 

Model pembelajaran seperti ini disebut model pembelajaran kurikulum 2013 (K13).
Praktek mengajar bagi mahasiswa PPG sudah menterapkan model pembelajaran K13 ini.

Seperti yang sudah dilaksanakan oleh peserta PPG program studi matematika UPR ungkap Ardo, dimana peserta PPG juga dituntut tidak hanya mampu menguasai bidang ilmu matematika, namun juga menguasai teknologi.

Guru mampu memberikan pembelajaran kepada peserta didik agar bisa berkolaborasi dengan teman- temannya cara menyelesaikan soal-soal, dan peserta didik juga harus mampu mempresentasikan dari hasil kerja kelompok di depan teman-temannya, pungkas Ardo. (MC. Isen Mulang/ ykris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*