INFO
Umi Mastikah : Waspadai Nyamuk DBD di Musim Hujan

Umi Mastikah : Waspadai Nyamuk DBD di Musim Hujan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Palangka Raya, mulai berangsur hilang, akibat turunnya hujan, namun kini masalah baru bisa saja muncul di saat peralihan musim.

Permasalahan baru yang perlu diwaspadai dari peralihan musim kemarau ke musim penghujan ini salah satunya adalah, adanya perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti atau nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

“Intinya, masyarakat dapat mewaspadai penyebaran  nyamuk yang bisa membawa wabah penyakit DBD berkembang biak di setiap pemukiman warga,” ungkap Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah, Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, jalan paling efektif guna mencegah penyebaran  nyamuk DBD ini tidak lain, mengutamakan kebersihan lingkungan, agar terhindar dari bahaya wabah nyamuk.

“Ini harus diperhatikan serius oleh masyarakat, terlebih dalam beberapa hari ini hujan  mulai turun,” tambah Umi.

Gotong royong dilingkungan masyarakat imbuh dia, harus diaktifkan. Terutama mulai dari membersihkan  pekarangan rumahnya masing-masing, sehingga pemukiman warga itu sendiri akan terhindar dari bahaya wabah nyamuk DBD.

Sebab itulah, dengan membiasakan pola hidup sehat, tentunya pemukiman warga tidak mudah diserang wabah nyamuk DBD.

Disisi lain orang nomor dua di lingkup Pemko Palangka Raya ini  meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, untuk terus memberikan sosialisasi mengenai bahaya-bahaya wabah nyamuk DBD yang biasanya datang pada musim penghujan.

“Saya harapkan instansi terkait gencar melakukan sosialisasi mengenai bahaya wabah DBD, sehingga masyarakat kita tidak ada yang menjadi korban akibat penyakit tersebut,” tandas mantan anggota DPRD Palangka Raya ini. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*