INFO
UMKM Harus Bangun Smart Ekonomi

UMKM Harus Bangun Smart Ekonomi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie, mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), sekaligus mendorong agar pelaku usaha tersebut mampu menjadikan usahanya sebagai salah satu wadah untuk mengurangi pengangguran.

“Kita dorong UMKM mampu berkembang dan bisa memberi lapangan pekerjaan, sehingga dapat berkontribusi menurunkan angka pengangguran,” ungkapnya, Sabtu (3/8/2019).

Menurut Afendie, keberadaan UMKM  yang ada di Kota Cantik sangat diharapkan dapat membantu pemerintah,  terutama dalam mendukung pencapaian misi Kota Palangka Raya yaitu smart environment,  smart society dan smart ekonomi melalui mengembangkan usaha  masyarakat.

“Semua ini pelan-pelan kita kembangkan, agar UMKM mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, menurunkan angka pengangguran dan memberikan kesempatan kerja yang baik,” katanya lagi.

Pemerintah kota sendiri tambah Afendie, terus berupaya melakukan pengembangan UMKM yang ada. Bahkan pada tahun 2020, pemko merencanakan membangun sentra UMKM, dengan tujuan memberikan tempat dan ruang bagi para UMKM yang ada untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat.

“Dipusat kuliner Tunggal Sangomang juga akan dibuat space, begitupula di terminal bandara. Ini semua bentuk perhatian nyata pemko Palangka Raya,” terangnya.

Harus disadari tambah Efendie, kendala UMKM selama ini tidak lepas dari persoalan permasalahan modal.

Diskop dan UKM Kota Palangka Raya itu sendiri kata dia, berupaya mengatasai kendala itu. Salah satunya melakukan kerjasama dengan perbankan melalui dana KUR.

“Kita sadari kehadiran UMKM dapat memberikan kontribusi  nyata dalam peningkatan taraf hidup masyarakat. Maka itu kita dorong terus pengembangannnya,” pungkas Afendie. (MC. Isen Mulang.1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*