INFO
Upacara Merupakan Implementasi Jiwa Nasionalisme Melalui Penghormatan Simbol Negara

Upacara Merupakan Implementasi Jiwa Nasionalisme Melalui Penghormatan Simbol Negara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komando Distrik Militer (Kodim) 1016 Palangka Raya melaksanakan upacara bendera rutin setiap Senin. Apel rutin ini dipimpin Komandan Kodim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf I Gede Putra Yasa.

Upacara ini diikuti seluruh anggota Kodim Palangka Raya, termasuk anggota Koramil 03 Sepang. Dalam amanatnya komandan kodim berharap apel mingguan ini jangan hanya dijadikan sebagai rutinitas saja.

“Namun harus bisa dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa nasionalisme melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan jiwa dan harta benda para pahlawan kusuma bangsa,” kata Gede, Seni (7/10/2019).

Dandim menegaskan upacara pengibaran bendera ini dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme, solidaritas prajurit, dan mengenang jasa para Pahlawan.

Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa patriotisme guna menghormati Sang Saka Merah Putih dan menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI, dan Sumpah Prajurit.

“Makna penting lainnya sebagai upaya mengingatkan prajurit dan ASN TNI Kodim 1016 Palangka Raya sebagai sarana komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf, dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi bisa mengalir dan dipahami secara seksama untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas,” tegasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*