INFO
Upaya Cerdaskan Anak Bangsa Melalui “Ransel Buku”

Upaya Cerdaskan Anak Bangsa Melalui “Ransel Buku”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keberadaan “Ransel Buku” sebagai pusat bacaan bagi anak-anak nelayan yang berada di pinggiran DAS Kahayan Kelurahan Petuk Ketimpun Kecamatan Jekan Raya berjarak 10 Km dari Pusat Kota Palangka Raya ini turut andil dalam upaya untuk mencerdaskan anak bangsa.

Fery Irawan, pemuda jebolan Universitas Palangka Raya inilah yang telah mendedikasikan dirinya untuk menyediakan buku bacaan dengan mendirikan pusat bacaan bagi anak-anak nelayan yang kurang mampu dan memiliki keterbatasan untuk memperoleh bacaan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasannya.

Saat Tim Media Center Isen Mulang berkunjung ke “Ransel Buku”, Selasa (10/9/2019) Fery menceritakan bahwa keberadaan “Ransel Buku” bermula dari kegelisahannya saat itu sebagai satu-satunya warga petuk ketimpun yang bisa menyelesaikan pendidikan sampai tingkat sarjana.

Pada awalnya memang tidak mudah untuk mewujudkan apa yang menjadi kegelisahanya itu,  namun karena niat dan tekadnya untuk membantu anak-anak usia sekolah dan warga masyarakat lainnya sehingga pusat bacaan itu bisa dia bangun pada tahun 2012 silam.

Bahkan “Ransel Buku” juga mempunyai program kegiatan antara lain : membaca buku, belajar-mengajar, daur ulang sampah, daur ulang kertas, tari tradisional, menyanyi, bercocok tanam, menonton film motivasi, bermain alat musik tradisional, membawa buku bacaan ke desa-desa pinggir sungai dan belajar komputer.

Harapan kedepan ungkap Fery,  semoga nantinya banyak pihak yang memberikan dukungan terhadap program-program yang di lakukan “Ransel Buku” ini, khususnya bagi pemerintah supaya bisa memperhatikan anak-anak muda putra-putri daerah yang ingin membangun dan memajukan daerahnya, tutupnya. (MC. Isen Mulang/win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*