INFO
Upaya Memiminalisir Dampak Kabut Asap

Upaya Memiminalisir Dampak Kabut Asap

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Status kebencanaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Kota Palangka Raya yang awalnya siaga darurat kini telah dinaikan menjadi tanggap darurat.

Seiring dengan itu Pemerintah Kota  (Pemko) Palangka Raya bersama pihak lainnya terus berupaya meminimalisasi dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Seperti yang dilakukan pihak Pemko Palangka Raya  bersama Kwatir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah, yang pada, Kamis (19/9/2019) siang, memberikan sosilisasi bahaya karhutla dan membagikan ribuan masker kepada nasyarakat.

Kegiatan itu sebagai bentuk kekhawatiran pemerintah terkait dampak asap bagi kesehatan masyarakat, terlebih bagi kalangan perempuan, anak-anak dan lansia, terutama tentang bahaya terpapar penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Kita bagikan ribuan masker untuk masyarakat, langkah ini mendukung sikap tanggap darurat dalam hal meminimalisir bahaya dampak karhutla, yaitu kabut asap bagi kesehatan,” ujar Kasubag Protokol Komunikasi Setda Kota Palangka Raya yang  juga pengurus Kwarda Pramuka Kalteng, Hadriansyah.

Adau begitu panggilan akrab Hadriansyah mengatakan, saat ini berbagai langkah dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah kota. Bahkan walikota sudah beberapa kali turun langsung melakukan upaya pencegahanya maupun upaya penanggulangan lainnya.

“Seperti hari ini kita bagi-bagi  ribuan masker. Ini salah satu langkahnya dalam hal penanganan maupun penanggulangan karhutla dan paparan kabut asap. Nah untuk giat ini paling tidak meminimalisir dampak itu,” ujarnya.

Selebihnya Adau mengungkapkan, komitmen Pemko Palangka Raya untuk terus melakukan penanggulangan karhutla bersama pihak terkait, akan dijalankan seiring dengan status tanggap darurat saat ini.

“Wali Kota sudah menginstruksikan pencegahan dan penaggulangan karhutla. Semua elemen diminta bahu membahu  dalam menyikapi situasi dan kondisi saat ini,”  tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*