INFO
Upaya Pengembangan UKBM dan Kelurahan Siaga

Upaya Pengembangan UKBM dan Kelurahan Siaga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor dalam rangka pengembangan upaya kesehatan bersumber daya manusia (UKBM) yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya di Aula Asrama Haji Almabrur Gedung Shofa, Senin (14/10/2019). 
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr.Dewi Rama Dewa mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini diantaranya adanya koordinasi lintas program dan lintas sektoral serta pembinaan dan pengembangan posyandu sebagai salah satu UKBM yang dikenal oleh masyarakat terutama pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan serta terbentuknya pokjana atau posyandu tingkat Kota Palangka Raya.
 
Lanjutnya, adanya masukan mendesak dari OPD terkait dalam hal pengelolaan untuk terbentuknya keluarga kelurahan siaga aktif dan keaktifan posyandu merupakan salah satu kriteria untuk mencapai desa dan kelurahan siaga aktif.
 
UKBM merupakan wahana pemberdayaan masyarakat yang dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat dikelola oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan bimbingan petugas puskesmas, lintas sektor dan lembaga terkait lainnya.
 
Posyandu menjadi sarana penting yang mendukung upaya pencapaian keluarga sadar gizi dan membantu menurunkan angka kematian ibu dan anak, ucapnya.
 
Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Kota Palangka Raya, Ikhwanudin  mengatakan Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang menjadi milik masyarakat berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan ketrampilan dari petugas kepada masyarakat serta fokus terhadap pelayanan kesehatan dasar terutama berkaitan dengan penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian balita (AKABA).
 
Selain itu peran posyandu sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan dasar dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia memang sudah kita apresiasikan keberadaannya ditengah masyarakat.
 
Menurut Ikhwanudin untuk posyandu hampir menyebar keseluruh kelurahan sampai ke RT dan perlu ditingkatkan lagi pelayanannya, tutup Ikhwanudin. (MC.Isen Mulang Adi/ Fauji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*