INFO

Upaya Pengurangan Emisi di Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kalteng melaksananakan pertemuan terkait upaya membangun Sistem Informasi Safeguard (SIS) dan Sistem Registri Nasional untuk menuju implementasi REDD+ Provinsi Kalteng di Aula Swiss-Belhotel Danum Jalan Tjilik Riwut Km5 Palangka Raya, Kamis (20/2/2020)

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK provinsi Kalteng, Adiyaksa, dalam laporannya menyampaikan, “Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 20-21 Februari 2020, yang diikuti anggota unit sub administrasi SIS dan SRN REDD+, dan perwakilan dari instansi terkait”. Dan narasumber dari 2 orang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta 1 orang dari Institut Pertanian Bogor.

Sedang Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng yang disampaikan oleh Plt. Kepala DLHK Esau, “Provinsi Kalteng merupakan  provinsi terpilih utama di Indonesia dalam konteks perubahan iklim”. Kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Norwegia bekerjasama dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari REDD+, salah satunya adalah menetapkan satu provinsi sebagai pilot project yaitu Kalteng.

Wajar Kalteng mendapat perhatian serius karena luas kawasan hutan Kalteng menurut data statistik kehutan 2017 seluas 12.719.707 ha dan menunjukan luas kawasan hutan kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua, ujar Esau.

“Diharapkan dengan diperolehnya Sub Admin SIS REDD dan akun untuk SRN  Pemprov Kalteng bisa lebih cepat mengetahui kelengkapan atau kekurangan dokumen”. Sehingga penyelenggaraan kegiatan penurunan emisi di Kalteng bisa lebih baik, harapan Sekda yang disampaikan Esau. (MC. Isen Mulang/Bambang/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*